Prodi Sastra Inggris Praktikum Ke Kota Tua

Foto: Agry Pramita, M.A.
           Farah Aulia Dewi

Penulis: Nadia Pravita Sari

Bandung, 01 Juni 2024 — Program Studi Sastra Inggris (Prodi SI) kembali mengadakan Praktikum Matakuliah yang sudah menjadi program tahunan yang berlangsung di Museum Seni Rupa dan Keramik serta Museum Wayang, Kota Tua, Jakarta Barat pada tanggal 29 Mei 2024. Praktikum ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada para mahasiswa untuk menguji dan mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajarinya. Praktikum ini diikuti oleh mahasiswa semester 4 yang terbagi menjadi 2 sesi, pada sesi pertama mahasiswa mengunjungi Museum Wayang terlebih dahulu, lalu pada sesi kedua mahasiswa melanjutkan ke Museum Seni Rupa dan Keramik. Kegiatan praktikum ini diikuti oleh 234 mahasiswa, 38 dosen, 5 tendik, dan 6 panitia.

Dalam rangkaian kegiatan ini, mahasiswa diberikan kebebasan untuk menjelajahi setiap sudut Kota Tua, dari lorong-lorong bersejarah hingga pasar yang ramai. Didampingi oleh dosen-dosen berpengalaman, mereka tidak hanya menerima wawasan tentang sejarah dan tradisi, interaksi dengan karya seni, dan kesadaran akan terhadap pelestarian budaya, tetapi juga diajak untuk merasakan kehidupan sehari-hari di Kota Tua, dan memahami dinamika sosial yang ada. Pengalaman ini memberikan perspektif baru yang mendalam tentang keragaman budaya Indonesia dan kekayaan sejarah yang dimilikinya.

Lebih dari itu, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengasah kreativitas mereka dengan menulis kreatif dan esai. Selain itu mahasiswa bisa membuat konten multimedia seperti vlog perjalanan mereka. Tugas ini tidak hanya melatih kemampuan menulis dan memproduksi video, tetapi juga memperkenalkan keterampilan komunikasi visual yang sangat relevan di era digital saat ini. Praktikum ini dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara teori akademis dan praktik nyata, mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan dunia profesional dengan cara yang inovatif dan menyenangkan.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Prodi Sastra Inggris, Dr. Andang Saehu, M.Pd.
“Mahasiswa akan mengeksplor serta mengamati apa yang mereka lihat, rasakan, sentuh, amati, dan pelajari di Kota Tua khususnya Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik sebagai bahan mereka dalam menulis kreatif dan esai. Dengan mengeksplor Museum tersebut mahasiswa ditugaskan untuk menulis puisi, prosa, dan esai dalam bahasa inggris yang akan dijadikan buku ber-ISBN. Selain itu, mahasiswa juga bisa membuat video tiktok, video berdurasi panjang untuk YouTube, dan press release untuk website Prodi.”

Melalui kegiatan ini, Program Studi Sastra Inggris berharap dapat memotivasi mahasiswa untuk terus berinovasi, menggali bakat, dan memperkaya wawasan mereka tentang peran vital sastra dan budaya dalam membentuk jati diri dan peradaban manusia. Dengan cara ini, mahasiswa diharapkan mampu menjadi pionir dalam pelestarian dan promosi warisan budaya, serta memperkuat ikatan antarbudaya di masa depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *