Prodi Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mengadakan evaluasi kurikulum, di Hotel Mercure Setiabudi pada tanggal 13-15 Desember 2021. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa.
Untuk menilai keberhasilan, hambatan, dan kemungkinan pengembangan kurikulum Prodi Sastra Sastra Inggris, diskusi yang mendalam dan analisis dilakukan dalam evaluasi ini. Kesesuaian Kurikulum dengan standar pendidikan yang berlaku dan bagaimana kurikulum dapat berhasil membangun pemahaman kritis, keterampilan berbahasa, dan kesadaran budaya mahasiswa, menjadi fokus utama dalam evaluasi ini. Tepatnya pada analisis bahasa, sastra, juga penerjemah tingkat madya, seperti bagaimana mahasiswa mampu menganalisis fenomena bahasa Inggris dan komparasinya dengan bahasa lokal, menganalisis karya sastra Inggris dan menghubungkannya dengan sastra lokal, juga memahami teori penerjemahan dan mampu menerjemahkan baik itu secara lisan maupun tulisan.
Selain membahas pemahaman terkait bahasa, sastra, dan penerjemahan, Prodi Sastra Ingris UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga menambahkkan beberapa alternatif lain seperti kekhasan UIN dalam mata kuliah agama, mata kuliah umum, juga skill lainnya seperti entrepreneurship, PPL, dan KKM.
Selanjutnya, diskusi membahas terkait metode pengajaran, penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, dan strategi evaluasi yang digunakan. Adanya refleksi tentang keberhasilan dan kelemahan ini, membuat para akademis dan dosen Prodi Sastra Inggris untuk menentukan bidang-bidang yang memerlukan peningkatan, seperti fasilitas yang lebih baik juga pengembangan kurikulum lanjutan. Namun, para akademis dan dosen Prodi Sastra Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung, berfokus pada pengembangan metode kolaboratif untuk meningkatkan jenjaring akademik dan memfasilitasi pertukaran praktik terbaik. Ini menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan pendekatan pendidikan yang lebih menyeluruh dan sesuai dengan tuntutan zaman.
Dengan demikian, evaluasi kurikulum ini tidak hanya merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga merupakan awal dari langkah strategis yang lebih luas untuk menghadapi dinamika pendidikan di masa depan.